Jul 9, 2015

Indahnya Batu Akik Indonesia


Kegiatan kehidupan terus berjalan mengiri perjalanan waktu. Aktivitas masyarakat memiliki kesibukan masing-masing. Di antara kesibukan seharian masih digunakan untuk menigisi hobby masing-masing.

            
Hobby yang lagi melanda setiap orang di keseharian. Hampir disudut tempat dapat dijumpai seperti di mall, pasar. Hobby yang begitu mewabah yakni mengkoleksi batu akik. Pada kesempatan penjualan pakaian biasanya hanya pakaian dengan berbagai model beserta sepatu.

            

Di sela-sela penjualan pakaian dan sepatu diiringi dengan penjualan batu akik. Batu akik memiliki daya tarik magnit bagi yang melihatnya. Apabila ditunjukkan batu akik yang sudah jadi maupun masih bahan. Pada saat tertentu orang berusaha untuk melihat atau meliriknya. Apakah ingin membeli atau sekedar melihatnya.
            
Penulis yang pernah keliling beberapa tempat di Indonesia. Indonesia boleh dibilang surganya batu akik. Beberapa daerah memiliki kekhasannya sendiri yang memiliki pesona di dunia. Pada kesempatan KAA ke-60 para peserta diberikan cendera mati berupa batu akik Pancawarna yang diadakan di Bandung Jawa Barat.
            
Bila kita pergi ke Aceh dapat ditemui Giok Aceh. Batu akik ini memiliki keindahan yang luar biasa. Batu akik ini memiliki warna hijau mengkilap. Padahal selama ini batu giok dikenal dari daratan China. Hal ini memberikan bukti bahwa berbagai macam batu di dunia ada di Indonesia.
            
Di Bengkulu juga ada batu akik yang dikenal dengan Rafflesia memiliki keindahan yang mempesona pula. Batu ini layaknya berwarna bunga Rafflesia. Luar biasa keanekaragaman batu akik yang dimiliki di Indonesia yang mungkin sulit ditandingi.
            
Mari kita melangkah ke daerah Lampung. Di Lampung dapat dijumpai batu akik yang bernama batu Bungur dan Anggur Api. Batu Bungur yang memiliki warna bening bercahaya. Pada batu batu anggur api berwarna putih. Pada bagian dalamnya menyerupai cangkang telur, dan jika disinari cahaya akan terlihat lidah api.
            
Di Jambi juga dapat pula dijumpai batu akik yang memiliki nama batu akik Sarang Tawon. Batu ini memiliki kemiripan dengan sarang tawon.

Di Kalimantan dapat dilihat pada tempat penjualan yang cukup ramai. Tempat ini cukup dikenal bagi para penggemar batu akik, yakni Pasar Tengah. Di tempat ini beraneka ragam batu dapat dijumpai. Ada jenis batu akik yang populer yakni Red Borneo dan Green Borneo. Dua jenis batu ini memiliki warna merah dan hijau yang indah. Pada Red Borneo mulai jarang untuk didapatkan. Selain itu untuk jenis batu Kecubung Ungu juga mulai jarang. Bila ada Kecubung Teh, Kecubung Batu Karang atau jenis lainnya.

Mari kita melangkah ke Purbalingga, Jawa Tengah. Di daerah ini dikenal dengan batu akik Klawing berasal dari Klawing, yang paling dikenal yakni jenis batu naga sui menjadi ciri khas Sungai Klawing.

Setelah berpindah kita pergi ke daerah Garut Jawa Barat. Disini dapat ditemukan batu akik Pancawarna yang memiliki warna berberda. Batu ini memiliki daya tarik dari warna yang dimilikinya.

Mari kita ke daerah Maluku. Di Maluku memiliki batu akik yang sudah dikenal luas yakni batu Bacan merupakan jenis batu yang diperoleh dari Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku.
Pada kesempatan ini penulis menyebutkan beberapa jenis batu akik dari beberapa daerah. Masih ada jenis-jenis batu akik yang lain yang tidak kalah indahnya. Penulis memberikan masukan saja bagi para penggemar batu akik semoga bermanfaat sebagai bahan referensi.


(Bima Mulijarto, S.Pd, S.E., M.M., )

No comments:

Post a Comment